• Portal
  • Situs
  • Website
  • Portal
DTPHP
Image

MMCKalteng - Yogyakarta - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada dalam rangka penyusunan Master Plan pengembangan pakan dan pabrik pakan di Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Ruang Multi Media III, Lantai 3, Balairung Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis (2/11/2023). Penandatanganan MoU kerja sama ini disaksikan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada Wening Udasmoro.

Dalam sambutannya, H. Sugianto Sabran menyampaikan tujuan kedatangannya menjalin kerja sama dengan UGM adalah dalam rangka memperkuat kualitas SDM dalam berbagai bidang. 

"Niat kami adalah mengubah Kalteng yang bermartabat, elok, dan amanah. Kami ingin membangun daerah yang lebih bermartabat. Jika tidak sekarang, kapan lagi ada perubahan,“ ungkapnya.

Ditambahkannya, Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen mengoptimalisasikan pembangunan daerah lintas sektoral melalui kerja sama dengan berbagai cara, termasuk menjalin hubungan kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada yang merupakan Universitas Negeri tertua di Indonesia. 

"Hal ini adalah kesempatan yang baik untuk mengadopsi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam peningkatan kapasitas SDM, peningkatan pengembangan sosial, ekonomi, budaya serta sektoral teknis pembangunan daerah Kalimantan Tengah," tuturnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyepakati 12 Perjanjian Kerja Sama, yang ditandatangani Kepala Perangkat Daerah Pemprov Kalteng dengan beberapa Dekan Fakultas Universitas Gadjah Mada. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti dengan Dekan Fakultas Peternakan UGM Budi Guntoro telah bersepakat menjalin kerja sama dalam peningkatan sektor industri peternakan, melalui pembangunan pabrik pakan yang dibangun di Desa Bukit Harapan SP III-G, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini mencakup studi potensi dan kualitas bahan baku lokal untuk pembuatan pakan ternak. Fakultas Peternakan UGM akan  melakukan analisis nutrisi bahan pakan serta penyusunan kalender pakan. Di samping itu, akan disusun pedoman teknis pembuatan pabrik pakan, dilakukan pendampingan pembangunan pabrik pakan serta penyusunan hasil analisis ekonomi usaha pabrik pakan,“ jelas Sunarti setelah penandatanganan MoU.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Wening Udasmoro menyampaikan apresiasi terlaksananya kerja sama antara UGM dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, baik dalam bidang penguatan ekonomi, teknologi dan kesehatan.

“Teknologi menjadi pilar agar kita bisa maju. Fakultas Peternakan berkomitmen mewujudkan kualitas mutu produksi hasil peternakan dengan teknologi pengolahan pakan ternak. Perlu diketahui, bahwa saat ini Fakultas Pertanian sudah memiliki teknologi pengembangan varietas padi biofortifikasi yang mendukung pencegahan stunting," ucap Wening Udasmoro.

Turut hadir dalam penandatanganan Mou Kerja Sama ini antara lain Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin, Kepala Perangkat Daerah Pemprov Kalteng, Wakil Dekan Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Peternakan, FKKMK lingkup UGM, serta pejabat Rektorat UGM beserta jajarannya.