• Portal
  • Situs
  • Website
  • Portal
DTPHP
Image

MMCKalteng - Palangka Raya – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti menghadiri kegiatan vaksinasi hewan gratis dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day/WRD) tahun 2023, Sabtu (7/10/2023) di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Jl. G. Obos XI (lingkar dalam), Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya Aratuni ini juga berkaitan dengan imbauan Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI untuk berpartisipasi dalam Vaksinasi Rabies serentak dan massal se Indonesia untuk rekor MURI tanggal 7 Oktober 2023.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng sangat mendukung kegiatan vaksinasi rabies, karena di Kalimantan Tengah masih endemis dan masih ditemukan kasus kematian akibat gigitan anjing rabies.

"Seharusnya peringatan Hari Rabies Sedunia diperingati setiap 28 September, tetapi tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasional tanggal 7 Oktober 2023, dimana acara puncak berpusat di Bandung, Provinsi Jawa Barat," ungkap Sunarti.

Kemudian, pada kesempatan ini juga dilakukan steril/kastrasi pada anjing dan kucing. Selain di Kota Palangka Raya, vaksinasi rabies dalam rangka memecahkan rekor MURI juga dilaksanakan di beberapa Kabupaten, yakni di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Barito Selatan, Barito Utara, Murung Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Sukamara, dan Seruyan. Total vaksinasi di kota Palangka Raya yaitu kucing 43 ekor, musang 5 ekor, anjing 47 ekor, dan hasil pelaksanaan dilaporkan ke iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional).

Adapun rangkaian kegiatan sesuai imbauan Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI yaitu Vaksinasi rabies secara massal (untuk rekor MURI); Sterilisasi untuk anjing dan kucing; Kampanye rabies/komunikasi informasi dan edukasi (KIE); dan Kegiatan lain yang mendukung pengendalian rabies. Update iSIKHNAS pada pukul 21.00 WIB total vaksinasi rabies memecahkan rekor MURI se Indonesia, yaitu 53.093 ekor yang terdiri dari anjing 21.145 ekor, kucing 31.602 ekor, dan lainnya 346 ekor.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Kepala Karantina Sudirman, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Prov. Kalteng Nina Ariani, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Palangka Raya sekaligus Ketua ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) Kalimantan Tengah Berto, dan Ketua PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Kalimantan Tengah sekaligus Pejabat Otoritas Veteriner (POV) Kota Palangka Raya Eko Hariyuwono.