• Portal
  • Situs
  • Website
  • Portal
DTPHP
Image

Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Menerima Kunjungan Gerakan Pemuda Tani Indonesia

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (TPHP Prov. Kalteng) Hj. Sunarti menerima kunjungan dan silaturahmi Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA), Jumat (17/5/2024) di ruang kerja Kadis TPHP.

Kunjungan GEMPITA tersebut dipimpin oleh Koordinator Wilayah Nasional (KORNAS) M. Yasir Kaisuku dan didampingi Korwil GEMPITA Kalimantan Tengah Reyri Kaswanda. Sebagai informasi, GEMPITA lahir sebagai bentuk kepedulian Kementerian Pertanian mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. GEMPITA memiliki tujuan untuk menggerakkan pemuda agar ikut terlibat menjaga ketahanan negara melalui pertanian. Hadirnya GEMPITA juga diharapkan dapat mendorong akselerasi mewujudkan ketahanan pangan. Kegiatan GEMPITA mendorong generasi muda tidak menghabiskan waktu hanya untuk hal kurang bermanfaat. Kadis TPHP Hj. Sunarti menyambut baik kunjungan KORNAS dan Koordinator Wilayah (Korwil) GEMPITA Kalimantan Tengah ini. Ia juga menyampaikan rasa optimisnya bahwa GEMPITA dibawah KORWIL baru bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Saya ingin agar KORWIL GEMPITA di Kalteng ini bisa melakukan optimasi lahan rawa di Kalteng, serta bisa memunculkan petani-petani muda milenial baru yang bisa melakukan sistem pertanian modern,” ucap Sunarti

“Saya juga berharap Pengurus Gempita yang ada sekarang untuk segera dikukuhkan agar langsung bisa bekerja dan kita juga bisa langsung melihat hasilnya, dalam 3-6 bulan ke depan harus bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dari bertani," tambah Sunarti. Selanjutnya, Ketua Korwil Gempita Kalimantan Tengah Reyri Kaswanda menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dan koordinasi dengan Kadis TPHP.

“Kami ucapkan terima kasih banyak untuk sambutan Kadis TPHP, untuk masukan dan bimbingan selama diskusi dan juga sudah memberikan lahan untuk bisa dikelola oleh GEMPITA Wilayah Kalimantan Tengah, serta sangat membantu menjadi penghubung bagi para petani-petani muda baru dalam mencari offtaker,” imbuh Reyri.

Dalam pertemuan tersebut, KORNAS dan KORWIL Kalteng meminta izin dan dukungan kepada Kepala Dinas TPHP Kalimantan Tengah agar setiap visi dan misi yang akan dilakukan oleh Korwil Gempita Kalimantan Tengah dapat tercapai dengan baik. (TPHP)/Edt:WP