• Portal
  • Situs
  • Website
  • Portal
DTPHP
Image

Palangka Raya - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah meraih penghargaan peringkat Terbaik III Kategori “BB” (Sangat Baik) dengan nilai 79,15 berdasarkan Ikhtisar Laporan Hasil Evaluasi (LHE) atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022.

Piagam Penghargaan SAKIP 2022 ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo kepada Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Sunarti pada kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan Reguler Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2023 dan penandatanganan Audit Charter (Piagam Audit) oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (17/10/2023) di Aula Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya. Turut hadir pada kegiatan ini sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam Evaluasi SAKIP ini dilakukan kajian dan analisa terhadap dokumen perencanaan seperti Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja Tahunan (RKT), dokumen Laporan Kinerja (LKIP) dokumen Perjanjian Kinerja (PK) dan dokumen pendukung lain yang dapat dijadikan referensi dalam menilai akuntabilitas kinerja Perangkat Daerah. Nilai tersebut merupakan akumulasi penilaian terhadap seluruh komponen manajemen kinerja masing-masing Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan rincian Perencanaan Kinerja (30%), Pengukuran Kinerja (30%), Pelaporan Kinerja (15%), Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal (25%).

Untuk rincian nilai capaian Dinas TPHP yaitu Perencanaan Kinerja (23,55), Pengukuran Kinerja (21,45), Pelaporan Kinerja (13,00), Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal (21,15).

Pada kesempatan ini, Sunarti menyampaikan bahwa Dinas TPHP Prov. Kalteng telah menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dijabarkan dalam bentuk Kesepakatan Kinerja berjenjang dari Gubernur ke Kepala Dinas, Kepala Dinas ke Eselon 3, dan Eselon 3 ke Eselon 4.

"Kami berterima kasih atas penghargaan ini, dan kami juga bangga terhadap pencapaian predikat ini, sekaligus mengajak seluruh pegawai lingkup TPHP untuk bekerja lebih baik lagi, terus berinovasi, untuk Kalteng BerAKHLAK dan penuh KeBERKAHan, "ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Edy Pratowo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada seluruh Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng.

"Bagi Perangkat Daerah yang memiliki nilai terbaik dalam SAKIP 2022, saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya. Semoga prestasi tersebut bisa mendorong semangat dalam mengemban amanah yang ada. Kemudian, bagi Perangkat Daerah lainnya saya harapkan dapat mengevaluasi dan bekerja lebih keras dalam meningkatkan kinerja lebih baik lagi," tandasnya.