• Portal
  • Situs
  • Website
  • Portal
DTPHP
Image

MMCKalteng – Sukamara - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti menyampaikan laporan pelaksanaan Pekan Daerah (PEDA) Tani-Nelayan Andalan XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada acara pembukaan Pekan Daerah di Taman Permata Sukma, Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Senin (20/11/2023).

Kepala Dinas TPHP mengungkapkan bahwa Pekan Daerah Petani Nelayan merupakan forum pertemuan para Tani Nelayan yang diselenggarakan sejak tahun 1983 oleh organisasi Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tingkat Provinsi sebagai media konsolidasi, komunikasi, dan tukar informasi antar petani nelayan, petani nelayan dengan pengusaha, petani nelayan dengan pemerintah, dan pengambil kebijakan lainnya.

"Pekan Daerah Petani Nelayan merupakan wadah apresiasi, pengembangan diri, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan-kelautan, dan kehutanan yang diharapkan dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab, serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan," ujarnya.

Lebih lanjut, Sunarti menjelaskan penyelenggaraan Pekan Daerah ini berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 19 hingga 24 November 2023. Kegiatan Rembug KTNA sudah dilaksanakan tanggal 19 November 2023. Sedangkan, rangkaian kegiatan pameran agribisnis, pengukuhan pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), temu wicara dan ajang lomba antar kontingen KTNA Kabupaten dilaksanakan mulai hari Senin, 20 November 2023.

"Pelaksanaan Pekan Daerah ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemandirian kontak tani nelayan sebagai pelaku utama sistem penyuluhan pertanian dan pelaku usaha agribisnis; meningkatkan hubungan kemitraan usaha dan jaringan agribisnis antara peserta dengan pengusaha di bidang agribisnis; meningkatkan pengetahuan, keterampilan, penguasaan teknologi dan pemasaran; meningkatkan jiwa wirausaha petani nelayan dan petani hutan dalam pembangunan pertanian yang ramah lingkungan; serta meningkatkan apresiasi para peserta dan masyarakat pelaku agribisnis untuk memacu prestasi dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan," bebernya.

"Pekan Daerah ini dapat terlaksana atas dukungan dan kerja sama dengan Panitia Pekan Daerah Kabupaten Sukamara sebagai tuan rumah yang sudah mempersiapkan lokasi kegiatan sejak tahun 2022. Semoga kegiatan ini bermanfaat sebagai sarana transfer informasi, teknologi, fasilitasi kemitraan dan jejaring agribisnis para kontak tani. Sekaligus meningkatkan kerja sama antara kontak tani, pemerintah dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dalam arti luas,“ tambahnya.